DUKUNG PROGRAM GERBANG RAJA, PT HS BAGIKAN 12.600 HA SAWIT

Go down

DUKUNG PROGRAM GERBANG RAJA, PT HS BAGIKAN 12.600 HA SAWIT

Post  Admin on Mon Jan 17, 2011 11:13 pm

PT Hamparan Sentosa (HS) melakukan terobosan membagikan 5 hektare (ha) per kepala keluarga (KK) di Desa Manamang Kecamatan Muara Kaman, Kukar. Langkah perusahaan perkebunan kelapa sawit ini guna mendukung program pemerintah daerah, Gerakan Pengembangan Rakyat Sejahtera (Gerbang Raja).

PT HS bahkan siap membagikan 12.600 ha kepada 442 KK di dua desa, yakni Menamang Kanan dan Menamang Kiri. Dengan rincian, Desa Menamang Kanan dengan jumlah anggota petani 250 KK dan Menamang Kiri 192 KK. Demikian dikatakan H Sunamo, Direktur Umum PT HS saat syukuran penanaman perdana kebun inti perkebunan kelapa sawit di Desa Menamang Kecamatan Muara Kaman, Sabtu (8/1) siang lalu.

Menurut Sunamo, perusahaan ini merupakan perkebunan besar swasta yang bergerak di bidang pembangunan perkebunan kelapa sawit dan fasilitas pendukungnya dengan pengelolaan usaha yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, serta terintegrasi dengan rencana pembangunan fasilitas industri pengelolaan kelapa sawit menjadi crude palm oil (CPO).

"Etam (kita) bersama dapat membangun kebun kelapa sawit di odah etam jua (tempat kita juga) sebagai solusi menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik dan berkemakmuran di Kabupaten Kutai Kartanegara," jelasnya.

Disebutkan, sesuai visi dan misi menjadi salahsatu perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit yang dikelola secara berkesinambungan dan ramah lingkungan, maka membangun perkebunan kelapa sawit yang terpadu dengan proses pengelolaan dan produk turunannya yang kompetitif, ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi mutlak.

"Tujuan kami adalah mengelola perkebunan kelapa sawit yang bermutu dan berdaya saing tinggi, membangun perkebunan dengan pola kemitraan inti plasma berdaya guna dan berhasil guna yang mampu memberikan nilai tambah yang optimal bagi seluruh stakeholder, serta mengelola perusahaan dengan baik atau good corporate governance, ramah lingkungan dan berkelanjutan," sebutnya.

Pembangunan perkebunan kelapa sawit ini, lanjut dia, sepenuhnya dikelola oleh masyarakat sendiri sebagai karyawannya. Dari dua desa tersebut dikelola melalui dua koperasi, yakni Koperasi Menamang Membangun di Desa Manamang Kanan dan Koperasi Ma'au Sejahtera di Menamang Kiri.

"Jadi pola kemitraan yang kita bangun ini diharapkan akan terus berjalan dengan baik dan lancar serta berkesinambungan dalam rangka turut, serta memberikan wujud nyata bagi kesejahteraan masyarakat di dua Muara Kaman," ujarnya.

Keberhasilan pembangunan kebun plasma kelapa sawit, katanya, adalah indikator keberhasilan suatu perusahaan. “Kebun ini dibangun oleh kita bersama, mari kita jaga dan pelihara, sukseskan pembangunannya sampai kita merasakan hasilnya. Dan kehidupan petani plasma makmur cerminan keberhasilan pembangunan pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui kepemimpinan Bupati Rita Widyasari,” serunya.

"Mari kita dukung sungguh-sungguh pembangunan Kutai Kartanegara berbasis ekonomi kerakyatan melalui program pembangunan perkebunan kelapa sawit satu juta hektare," tambahnya.




DIKUTIP DARI KALTIM POST, SELASA, 11 JANUARI 2011

Admin
Admin

Jumlah posting : 293
Registration date : 21.10.07

Lihat profil user http://brtv.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik