TNI AL UNDANG WARGA BALIKPAPAN KUNJUNGI KRI BANJARMASIN

Go down

TNI AL UNDANG WARGA BALIKPAPAN KUNJUNGI KRI BANJARMASIN

Post  Admin on Wed Feb 09, 2011 11:10 pm

Masyarakat Balikpapan kembali berkesempatan menyaksikan langsung alat utama sistem senjata (alutsista) milik TNI Angkatan Laut (AL). Kamis (10/2/2011), KRI Banjarmasin-592 milik merapat di Pelabuhan Semayang.
Demikian penuturan Kapten Laut Harry S Wahyu, Kasi Penggalangan Staf Intelejen Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan kepada Tribunkaltim.co.id, Rabu (9/2/2011). "KRI Banjarmasin direncanakan merapat di Balikpapan untuk uji coba mesin selama dua hari," kata Harry, sapaan akrabnya.
Pihak Lanal mengundang masyarakat Balikpapan dan sekitarnya berkunjung ke kapal produksi dalam negeri pada 2009 ini. Jam berkunjung bagi umum dibuka pada pukul 09.00-16.00. Kunjungan ini pun tidak dipungut biaya alias gratis.
Diketahui, salah satu kapal unggulan produksi PT PAL ini merupakan jenis Landing Platform Dock (LPD) ketiga setelah KRI Makassar-590 dan KRI Surabaya-591. Bahkan KRI Banjarmasin dianggap sebagai penyempurnaan dari dua kapal pendahulunya.
Selain berkecepatan 15,4 knots, kapal ini punya daya angkut lebih besar. Kapal berukuran 125x22 meter ini mampu mengangkut 344 personil, 13 unit tank, dua unit Landing Craft Vehicles dan lima unit helikopter.
KRI Banjarmasin ini pun dipersenjatai satu unit kaliber 57 mm dan 2 unit kaliber 40 mm. "Kapal ini pun dapat dipasangi senjata unit kaliber 100 mm. Selain itu, ada ruang khusus untuk sistem kendali senjata," ujar Harry.
Yang spesial, bentuk bangunan atas stealth design dapat mengurangi Radar Cross Section, sehingga tidak mudah ditangkap radar musuh. Saat berlayar, getaran yang sangat rendah mampu menambah kenyamanan awak kapal seharga Rp 300 miliar ini.
"Kami berharap masyarakat bisa semakin mengenal TNI AL dan sistem persenjataannya. Selain itu, kunjungan seperti ini diupayakan meningkatkan jiwa bahari dan cinta akan laut Indonesia. Jadi, silakan datang dan berdialog langsung dengan awak kapal," pungkas Harry.

SUMBER : TRIBUN KALTIM

Admin
Admin

Jumlah posting : 293
Registration date : 21.10.07

Lihat profil user http://brtv.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik