SENSASI UDANG GALAH KABUPATEN TANA TIDUNG

Go down

SENSASI UDANG GALAH KABUPATEN TANA TIDUNG

Post  Admin on Sun Jan 30, 2011 10:50 pm



Pernah kah merasakan nikmtanya makan udang galah asal tana tidung, kalimantan timur. Udang dari daerah ini dikenal besar-besar , dan sangking mantapnya warga setempat mengadakan pesta masak udang dua ton. Hal itu dilakukan untuk membuktikan udang dari tana tidung ini paling enak di seluruh tanah air. Inilah udang galah asal tana tidung, kalimantan timur. Besar-besar dan menggiurkan.

Udang dari pedalaman ini terkenal paling enak di indonesia dan tidak bau tanah. Sedikit menyombongkan diri , udang yang berlimpah di kabupaten tana tidung ini, pemerintah setempat sampai menggelar pesta goreng udang sebanyak dua ton dalam sehari. Ini luar biasa dan tentunya sangat mengasyikan memasak dan menikmati udang galah bersama seluruh warga di kabupaten termuda di tanah air. Tujuannya , tentu saja untuk memamerkan diri bahwa di kabupaten baru di utara kalimantan timur ini masyarakatnya di beri anugerah oleh sang pencipta dengan hasil sungai yang luar biasa. Selain itu , pesta udang galah ini digelar dalam rangka merayakan setahun pemerintahan kabupaten tana tidung. Hasil perikanan yang dominan di daerah ini adalah udang galah.
Jadi jangan salah, kalau udang galah menjadi makanan khas yang dimakan sehari-hari. Untuk membuktikan bahwa daerah ini memang penghasil udang terbsar di kalimantan timur, 1.801 kompor di siapkan untuk menggoreng udang yang di lakukan oleh ibu-ibu dari warga pedalaman.
Mereka di beri ikat kepala warna-warni untuk membedakan asal desanya. Dan dua ton ikan di siapkan oleh pemerintah untuk di goreng dalam waktu singkat. Dengan banyaknya peserta menggoreng serta banyaknya udang galah yang digoreng , sampai-sampai warga di tempat ini mendapatkan rekor muri untuk sajian kuliner udang galah nan lezat ini yang di goreng oleh 1.801 ibu-ibu.



Menurut bupati tana tidung, uduansyah , digelarnya menggoreng udang galah dengan melibatkan 1.801 ibu rumah tangga ini dalam rangka memperingati satu tahun pemerintahan kabupaten tana tidung. Selain itu , kegiatan dilakukan sebagai bentuk ungakapan syukur masyarakat tana tidung dengan hasil alam yang sangat melimpah , yang salah satunya adalah udang galah ini.
Bupati tana tidung, uduansyah , mengatakan mengapa udang galah karena masyarakat saya adalah kehidupannya di laut dan sungai.

Admin
Admin

Jumlah posting : 293
Registration date : 21.10.07

Lihat profil user http://brtv.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik