SELURUH DESA HARUS JADI PARU DUNIA

Go down

SELURUH DESA HARUS JADI PARU DUNIA

Post  Admin on Wed Jan 26, 2011 10:43 pm

Presiden RI SBY menegaskan dalam pencanangan setiap desa di seluruh Indonesia harus menjadi paru-paru dunia, berdasarkan penegasan ini dan adanya program pemerintah secara nasional satu orang menanam satu pohon, maka unsur Muspika Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang dimotori Komandan Rayon Militer (Koramil) Waru Lettu Inf Laeti memimpin elemen masyarakat mendukung program penanaman pohon tersebut.

Puncak momentum penanaman pohon penghijauan itu sedianya berlangsung serentak 29 Januari 2011 ini. Namun, Danramil, camat dan empat kepala desa, meliputi Kelurahan Waru, Desa Sesulu, Desa Bangun Mulya dan Desa Apiapi sudah memulainya pada tanggal 24, 25 dan 26 Januari di tiga desa dengan menanam pohon.

Puncaknya, nanti 29 Januari bertempat di Kelurahan Waru Kecamatan Waru, penanaman lanjutan dilaksanakan sekaligus penyampaian laporan kegiatan penghijauan di Waru yang dimotori Danramil itu kepada Bupati PPU H andi Harahap. “Kami sudah siapkan sebanyak 5.000 bibit poohon yang terdiri dari pohonn trambesi, sengon, sono dan mahoni. 5.000 pohon tersebut didapat dari sumbangan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun), PT Waru Kaltim Plantation (WKP) sebanyak 2.000 pohon dan dari PT Fajar Surya 2.000 pohon sehingga persediaan bibit pohon berjumlah 9.000 pohon,” lapor Laeti.

Camat Waru Aljahari mengatakan, penanaman pohon ini didasari program secara nasionalpada dasarnya seluruh elemen pemerintahan kecamatan hingga desa sangat mendukung penuh kegiatan ini. Karena itu, berdasarkan kesepakatan rapat yang melibatkan unsur Muspika Kecamatan Waru dimotori Danramil dengan segala kekuatannya berada di depan memimpin gerakan penanaman sejuta pohon di wilayah Kabupaten PPU.

Penanaman 5.000 pohon dilaksanakan di Waru karena merupakan kecamatan yang mempunyai wilayah yang relatif lebih sempit dibanding wilayah kecamatan lainnya seperti Sepaku, Babulu dan Penajam.

Penanaman pohon bagi menghijauan di Desa Sesulu telah menanam sebanyak 1.250 pohon, sedangkan sisanya ditanam di 3 desa lagi di Kecamatan Waru itu selain melibatkan masyarakat setempat juga mengerahkan murid SD dan SMP di antaranya SMPN 18, SMPN 13 dan SMP N 4 PPU.

Aksi menanam pohon dibantu murid SMP tersebut dipimpin salah seorang guru, Suliati. “Kita mengharapkan Waru merupakan kecamatan percontohan kecamatan lain di PPU ini, di mana institusi Koramil mengambil peranan terdepan dalam menggalang semua elemen baik pemerintah, perusahaan swasta maupun masyarakat hingga ke pelosok desa,” pungkasnya.



SUMBER : POST METRO BALIKPAPAN

Admin
Admin

Jumlah posting : 293
Registration date : 21.10.07

Lihat profil user http://brtv.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik